Mengenal Algoritma




Salam sobat, selamat datang di blog saya. Saat ini saya ingin berbagai informasi tentang Algoritma. Apa sih Algoritma itu ? Algoritma dapat diartikan sebagai suatu langkah-langkah yang disusun secara logis dan sistematis untuk penyelesaian suatu masalah. Dilihat dari asal katanya, kata Algoritma sendiri mempunyai sejarah yang aneh. Orang hanya menemukan kata Algorism yang berarti proses menghitung dengan angka arab. Anda dikatakan Algorist jika Anda menghitung menggunakan Angka Arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata ini namun hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya para ahli sejarah matematika menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Abdullah Muhammad ibnu Musa Al-Khwarizmi. Al-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism.

Abu Abdullah Muhammad ibnu Musa Al-Khwarizmi merupakan matematikawan Persia pada abad ke-9, yang hasil kerjanya dibangun dari matematikawan India abad ke-7 Brahmagupta. Kata algoritma awalnya mengacu hanya pada aturan-aturan dalam melakukan aritmatika menggunakan bilangan Hindu-Arab namun berkembang lewat penerjemahan Latin Eropa dari nama Al-Khwarizmi menjadi Algoritma pada abad ke-18. Penggunaan kata tersebut berkembang mengikutkan semua prosedur untuk menyelesaikan masalah atau melakukan unit kegiatan.

Perubahan kata dari Algorism menjadi Algorithm muncul karena kata Algorism sering dikelirukan dengan Arithmetic, sehingga akhiran “sm” berubah menjadi “thm”. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa. Maka lambat laun kata Algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya. Dalam Bahasa Indonesia, kata Algorithm diserap menjadi Algoritma.

Nah, sekian dulu pembahasan kita mengenai Algoritma. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Jangan lupa share artikel ini ya jika Anda rasa bermanfaat :)

Rizqi Sahputra

Terlahir dari bapak yang berprofesi sebagai Tukang Kayu, saya memiliki hobi baca dan nulis. Pada awal tahun 2015 lalu, saya membuat sebuah website yang bertujuan sebagai panduan warga Tuban yakni TubanGuide.com.

5 comments:

  1. wow, baru tau saya bahwa
    perbuahan kata Alogrism menjadi Algorithm o(O

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas artikel tentang algoritma, lengkap banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama-sama, semoga dapat menambah wawasan

      Delete
  3. Nama algoritma dr penciptanya toh .. Kirain namma ilmiah

    ReplyDelete
  4. Oh.. begitu ya gan, baru tau saya :)
    Tambahin fungsi algoritma lebih lengkap dong gan

    ReplyDelete